Cakrawala Pendidikan
Buku Lustrum UT

Winanrno Surakhmad, Aria Djalil, Agus Joko Purwanto, Conny R. Semiawan, Tian Belawati, M. Atwi Suparman, Sektor, Bambang Sutjiatmo, Aris Pongtuluran, Arlinah Imam Rahardjo,  Dewi Padmo Putri, Siti Julaeha, Nuraini Soleiman, Subagjo, I G.A.K. Wardhani, Tinowati Tamat, Prayitno, Siti Rasmunah, Durri Andriani, Toeti Soekamto, Udin S. Winataputra, Nurul Huda; Editor: Paulina Pannen, Asmawi Zainul, Bambang Sutjiatmo, Durri Andriani, Ida Malati Sadjati, I G.A.K.  Wardani, Noehi Nasoetion, Subagjo, Susy Puspitasari, Tian Belawati, Trini Prastati, Udin S. Winataputra

Edisi 1 / 426 hal.: ill.; 22 cm.
ISBN 979-689-390-8
Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2002

DDC 23: 378.175

Buku ini merupakan serangkaian pemikiran yang dituliskan oleh berbagai kalangan di dunia pendidikan yang bercerita tentang kesiapan dan strategi pendidikan tinggi di Indonesia menyongsong berbagai perubahan yang sedang terjadi secara global di segala bidang, termasuk di dunia pendidikan tinggi di Indonesia. Selain itu, buku ini juga menyajikan beragam opini maupun hasil kajian terhadap situasi dan teori-teori dalam bidang pembelajaran, pengembangan pendidikan, evaluasi pendidikan. dan pendidikan khusus bidang ilmu.
Buku ini ditulis sebagai ungkapan rasa cinta. Pertama-tama, karya-karya yang terkumpul dalam buku ini mengungkapkan rasa cinta yang mendalam dari masing-masing penulis – sebagai pengamat pendidikan, praktisi pendidikan. atau pemimpin dalam dunia pendidikan – terhadap bidang pendidikan. yang telah dtgeluti, diamati, maupun dijalankan beberapa waktu lamanya. Di samping itu, 23 artikel dalam buku ini ditulis sebagai ungkapan rasa cinta dan kagum yang amat dalam terhadap Dr Setijadi, salah seorang pemimpin pendidikan dan praktisi pendidikan di Indonesia. Ke 23 artikel tersebut ditulis oleh sahabat, rekan dan murid Dr. Setijadi selama beliau berkarya dalam dunia pendidikan di tanah air.

Buku ini dibawah lisensi Creative Commons Atribut Nonkomersial Tanpa Turunan 3.0 oleh Universitas Terbuka, Indonesia.