Siti Aisyah, Sri Tatminingsih, Mukti Amimi, Titi Chandrawati, Denny SetiawanSiti Aisyah, Sri Tatminingsih, Mukti Amimi, Titi Chandrawati, Denny Setiawan
Edisi 1 / 2 SKS / Modul 1-6
236 halaman: ilustrasi; 21 cm.
ISBN 9796899290
Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2014
DDC 23: 371.1
Buku Materi Pokok (BMP) PGTK2501 Pembelajaran terpadu merupakan modul Mata kuliah yang diadakan untuk membekali mahasiswa agar mampu merancang dan melaksanakan berbagai model pembelajaran terpadu yang sesuai untuk anak TK. Untuk mencapai kompetensi tersebut,mahasiswa akan mengkaji konsep dasar pembelajaran terpadu dan kajian tentang beberapa model pembelajaran terpadu. Buku ini akan membahas tentang latar belakang perlunya pembelajaran terpadu dilihat dari karakteristik pembelajaran di TK dan karakteristik pembelajrana anak usia TK ; konsep dasar pembelajaran terpadu yang meliputi pengertian, karakteristik, landasaran filosofis psikologis, praktis pembelajaran terpadu; keterampilan dasar mengajar dan peranan guru yang diperlukan dalam pelaksanaan pembelajaran terpadu di TK; pengertian, cara merancang dan melaksanakan pembelajaran terpadu model jaring laba-laba (webbed), keterkaitan (connected) dan keterpaduan (integrated); pengertian, prinsip dan cara melaksanakan evaluasi pada pelaksanaan pembelajaran terpadu. Untuk mengetahui sejauhmana pemahaman anda, pada setiap akhir topik telah disediakan latihan dan tes formatif yang dapat anda kerjakan. Selain mengkaji materi dalam BMP ini, anda juga harus menyimak VCD yang menyertai BMP ini, serta mengikuti tutorial tatap muka.