Sumber Pembelajaran Terbuka / Open Educational Resources

Sumber pembelajaran terbuka-Universitas Terbuka (SUAKA-UT) merupakan Open Educational Resources (OER), yaitu salah satu layanan UT dalam menyediakan materi pembelajaran yang dapat diakses secara gratis oleh masyarakat luas.

Di dalam SUAKA-UT terdapat begitu banyak materi sumber pembelajaran berkualitas yang dibuat sendiri oleh para dosen baik secara individu ataupun tim, dengan mengadopsi lisensi creative commons.

Materi yang ada dalam menu Open Education Resources ini menggunakan lisensi Creative Commons CC-BY-NC-SA Attribution-NonCommercial-ShareAlike 3.0 Unported berdasarkan SK Rektor UT No. 7255/UN31/KEP/2012 yang berbunyi:

Anda diperbolehkan menggunakan, menyalin, mengumumkan, menyebarkan, mengubah, mengadaptasi, dan modifikasi ciptaan ini untuk tujuan non komersial selama Anda memberi pengakuan kepada pencipta awalnya dan tetap menggunakan lisensi yang persis sama dengan lisensi yang dipergunakan oleh pencipta awalnya.

ccbyncsa

Dengan adanya layanan SUAKA-UT diharapkan dapat membantu masyarakat luas untuk mendapatkan sumber belajar yang berkualitas secara bebas sehingga dapat mendorong terbentuknya masyarakat belajar di Indonesia.