Notice
  • JW_SIG_CFU
  • JW_SIG_PRG
  • JW_SIG_CFU
  • JW_SIG_PRG
Error
  • JFolder: :files: Path is not a folder. Path: /home/nginx/domains/pustaka.ut.ac.id/public/dev25/images/sampledata/sampledata/parks/animals/

Prosiding 2011

Prosiding dari hasil seminar yang diadakan oleh Universitas Terbuka di tahun 2011

Prosiding 2010

Prosiding dari hasil seminar yang diadakan oleh Universitas Terbuka di tahun 2010

Sejarah Singkat

Sejarah Singkat

Perpustakaan UT

Pusat Layanan Pustaka Universitas Terbuka (selanjutnya disingkat Puslata UT) didirikan bersamaan dengan diresmikannya Universitas Terbuka pada tanggal 4 September 1984. Puslata UT merupakan perpustakaan perguruan tinggi yang diproyeksikan sebagai perpustakaan pendidikan jarak jauh. Bahan-bahan pustaka yang dikoleksi cukup beragam terdiri dari bahan-bahan tercetak dan noncetak. Pada awalnya Puslata merupakan bagian dari Pusat Produksi Media Pendidikan, Informatika, dan Pengolahan Data. Pusat ini kemudian berkembang menjadi tiga pusat, yaitu Pusat Produksi Media Pendidikan, Pusat Komputer, dan Perpustakaan. Pada tahun 2005 Perpustakaan UT berubah namanya menjadi Pusat Layanan Pustaka, yang bertugas selain mengelola perpustakaan, juga mengelola dokumen terbitan UT.

Sejak 2009, mendapat tugas baru, yaitu mengelola arsip dinamis inaktif di lingkungan UT.
Sebagaimana umumnya perpustakaan, Puslata menyediakan informasi berbagai bidang ilmu khususnya yang relevan dengan program-program studi di UT. Selain itu, koleksi Puslata dirancang sebagai bahan rujukan bagi pengembangan bahan ajar (BMP-Buku Materi Pokok) yang digunakan oleh civitas akademika, tutor, penulis modul. dan kegiatan lainnya dalam rangka pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi.

Perpustakaan UTPada tahun 1984, ketika kampus atau kantor pusat UT berada satu kompleks dengan kampus IKIP Jakarta, Puslata (waktu itu Perpustakaan UT) menempati sebuah ruangan berukuran sekitar 100 meter persegi. Ketika kampus UT pindah ke Pondok Cabe pada tahun1986, Puslata menempati sebuah ruangan seluas 150 meter persegi di lantai 1 Gedung Utama. Karena dirasa sempit, tak lama kemudian pindah ke ruang yang terletak di seberangnya dengan ukuran cukup besar yaitu sekitar 400 meter persegi. Kemudian pada tahun 1993, untuk ketiga kalinya Puslata pindah ke gedung bekas Pusat Distribusi. Kepindahan di tempat ini pun tidak bertahan lama dan bersifat sementara sambil menunggu selesainya pembangunan gedung perpustakaan.

Perpsmian Gedung Perpustakaan UT

Pada tahun 2000 secara resmi Puslata menempati gedung baru berlantai empat yang khusus diperuntukkan bagi kegiatan pengelolaan perpustakaan. Gedung ini letaknya di antara Gedung Fakultas Jumlah personil yang mengelola Puslata ada 20 orang, terdiri dari dua orang staf akademik fakultas, 6 orang pustakawan selebihnya adalah staf administrasi.

Koleksi perpustakaan UT mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Hingga saat ini, koleksi Puslata berjumlah tak kurang dari 30 ribu judul, terdiri dari buku-buku teks, referensi, modul, dokumen, laporan penelitian, tesis, dan disertasi, dalam bentuk tercetak, dan digital. Selain itu, Puslata mengoleksi pula bahan-bahan terekam yang terdiri dari kaset audio, cd dan vcd, microfische, slide, album foto.

gambar03Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sejak 1996 Puslata UT telah mengembangkan perpustakaan digital. Melalui jaringan internet, pengguna dapat mengakses perpustakaan UT di website : pustaka.ut.ac.id. Dengan fasilitas ini pengguna dapat melakukan browsing (penelusuran) tanpa harus datang ke perpustakaan. Bahkan para anggota Puslata UT dapat melakukan transaksi perpanjangan peminjaman melalui telepon atau email.

Galeri

{gallery}sampledata/parks/animals{/gallery}

Google Script