Notice
  • JW_SIG_CFU
  • JW_SIG_PRG
  • JW_SIG_CFU
  • JW_SIG_PRG
Error
  • JFolder: :files: Path is not a folder. Path: /home/nginx/domains/pustaka.ut.ac.id/public/dev25/images/sampledata/sampledata/parks/animals/

Strategi Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Dalam USda Peningkatan Hasil Produksi Benm Ibn Pada Balai Benm Ibn (BBI) Di Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Bulu (41431)

Human Resources Empowerment Strategies In Increasing Business Results In Fish Seed Production Seed Fish ( BBI ) at the Department of Fisheries KapuasHulu

ABANG ZULKIFLI
Universitas Terbuka - 2014

creative pdf Fulltext

Abstrak

 Koleksi Perpustakaan Universitas Terbuka

Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematik melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik untuk Siswa SMP Negeri di Kabupaten Garut (41594)

The Enchancement of Problem Solving and Mathematical Communication Abilities Through Realistic Mathematics Education Instruction for Students of The State Junior High School in Garut Region

Witri Nur Anisa
Universitas Terbuka - 2014

creative pdf Fulltext

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematik melalui pembelajaran pendidikan matematika realistik serta mendeskripsikan sikap dan aktivitas siswa selama pembelajaran pendidikan matematika realistik. Desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah desain dua kelompok dcngan pretest-posttest. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMP Negeri di Kabupaten Gamt. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Cilawu yang diambil secara acak dan terpilih kelas VII A dan VII C sebagai kelompok eksperimen yang mengikuti pembelajaran pendidikan matematika realistik dan kelas VII B dan VII D sebagai kelompok kontrol yang mengikuti pembelajaran lang sung. T eknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan lembar observasi. Analisis statistik yang digunakan adalah gain score untuk hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematik dan kemampuan komunikasi matematik. Hasil analisis menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik dan kemampuan komunikasi matematik siswa dengan pembelajaran pendidikan matematika realistik lebih baik dibandingkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik dan kemampuan komunikasi matematik dengan pembelajaran langsung. Pembelajaran dengan pendidikan matematika realistik memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran dan memiliki sikap positifterhadap mata pelajaran matematika.

Kata Kunci :Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik, Kemampuan Komunikasi Matematik, Sikap dan Aktivitas Siswa Realistic mathematics education instruction, mathematical problemsolving ability, mathematical communication ability, students' attitudes and activities.

utcc Koleksi Perpustakaan Universitas Terbuka

 

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAl) terhadap Kemampuan Koneksi Dan Komunikasi Matematis Siswa MTs (41496)

The Influence of Using Cooperative Learning Model Type of Team Assisted Individualization (TAl) towards the Mathematical and Communication Connections ability of MTs Students

Irfa Kalimatillahr
Universitas Terbuka - 2014

creative pdf Fulltext

Abstrak

Kemampuan koneksi dan komunikasi matematis merupakan kemampuan yang penting dalam pembelajaran matematika yang dapat dikembangkan melalui pembelajaran yang melibatkan siswa aktif Salah satu model pembelajaran yang memotivasi keaktifan siswa yang rnempengaruhi kemampuan koneksi dan komunikasi matematis adalah model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (T AI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetabui pengaruh kemampuan koneksi dan komunikasi matematis melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (T AI) serta mengetahui perbedaan kemampuan koneksi dan kornunikasi materna tis melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) ditinjau dari tingkat kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain pretest and postest non equivalent group design .. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VITI Mrs Persis Benda Tasikmalaya tabun pelajaran 201212013. Sampel dipilih secara acak menurut kelas dan terpilih dua kelas yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang pembelajarannya rnenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAl) dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalarn penelitian ini adalah soal tes kernampuan koneksi dan kornunikasi rnaternatis. Teknik pengumpulan data yang dilaksanakan dalam penelitian adalah dengan melaksanakan tes kernampuan koneksi dan komunikasi rnaternatis yang diberikan sebagai postes. IV Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan koneksi dan komunikasi matematis siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (T AI) lebih baik daripada kemampuan koneksi dan komunikasi matematis siswa melalui penggunaan model pembelajaran konvensional serta terdapat perbedaan kemampuan koneksi dam komunikasi matematis siswa yang mendapat pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (T AI) dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional ditinjau dari tingkat kemampuan siswa tinggi, sedang, dan rendah.

Kata Kunci :cooperative learning model, Team Assisted Individualization (T AI), mathematical connections, communication of mathematical. , model pembelajaran kooperatif, Team Assisted Individualization (T AI), koneksi matematis, komunikasi matematis

utcc Koleksi Perpustakaan Universitas Terbuka

 

Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Tingkat Kepuasaan Pasien di Rumah Sakit Budi Rosari Batam (41592)

Effect on Quality of Health Care Patient Satisfaction Rate Budi Rosari Hospital in Batam.

Wira Agustinus, SE
Universitas Terbuka - 2014

creative pdf Fulltext

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan kesehatan (tangibles, reliability, responsiveness, asurrance, empathy) terhadap tingkat kepuasaan pasien di Rumah Sakit Budi Rosari. Dalam suatu organisasi yang melalui tenaga medis Profesional yang terorganisir serta sarana kedokteran yang permanen menyelenggarakan pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanannya agar dapat meningkatkan kepuasaan pasien tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan survei, jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Penjelasan karakteristik responden dan data penelitian mengunakan analisis diskriktif. Untuk anal isis statistik dan menyuji hipotesis menggunakan SPSS. Populasi dalam penelitian ini adalah 8500 Pasien dan dengan rumus solvin, ditetapkan sampel 349 pasien. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan meyebar kuesioner,dengan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa.(l). Kualitas Pelayanan Kesehatan (tangibles, reliability, responsiveness, asurrance, empathy) secara bersama-sama berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasaan pasien yang berobat. (2). Hasil analisis regresi secara parsial menunjukan bahwa variabel tangibles tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien; variabel reability tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien;variabel responsivness berpengaruh positif dan signifikan tehadap kepuasan pasien;variabel assurance berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien; variabel empathy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien (3). Empathy adalah variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pasien. (4). Selanjutnya kepuasan pasien berpengharuh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien yang berobat tersebut. Rumah sakit Budi Rosari batam perlu meningkatkan kualitas pelayanan guna meningkatkan kepuasan pasien yang berobat.

Kata Kunci :Kualitas pelayanan kesehatan (tangible, reliability, responsiveness, asurrance, empathy), tingkat kepuasaan pasien rumah sakit. Quality of health services (tangibles, reliability, responsiveness, asurrance, empathy), hospital patient satisfaction levels.

utcc Koleksi Perpustakaan Universitas Terbuka

 

Prosiding 2014

Prosiding dari hasil seminar yang diadakan oleh Universitas Terbuka di tahun 2014

Google Script